Kemenangan Pertama Ac Milan Di Eropa Tahun 1963

November 08, 2019

AcMilan yang punya begitu banyak cerita dan kemenangan di kancah eropa tentunya punya banyak cerita pahit di balik kisahnya yang begitu sukses di dunia internasional. Dalam artikel kali ini kita akan mengingat sejarah bagaimana kemenangan Ac Milan pertama kali di Eropa tahun 1963. Milan mengangkat nama Italy untuk menorehkan nama di kancah eropa dengan memenangkan Piala Eropa yang sekarang dikenal dengan nama Liga Champion UEFA.
Di masa itu pelatihnya adalah Nereo Rocco seorang pelatih yang begitu inovatif dan dikenal sebagai penemu taktik Catenaccio ( Pertahanan Berlapis). Pemain yang paling disoroti  adalah seorang pemain muda yaitu José Altafini  seorang penyerang tengah asal Brasil yang mampu membawa Brasil menjuarai Piala Dunia tahun 1958 . Di tahun 1962 dia pindah kewarganegaraan ke Italy. José Altafini  membawa Milan memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 untuk menjadi kemenangan ac milan pertama di eropa tahun 1963. Lawan mereka  adalah Benfica  sebuah klub besar asal Portugal yang merupakan salah satu tim terbaik dunia kala itu. Benfica berambisi untuk meraih gelar Piala Eropa (Liga Champion yang sekarang) yang ketiganya. Karena dua tahun sebelumya mereka berhasil menjuarainya setelah mengalahkan tim asal Spanyol Barcelona dengan skor 3-2 pada tahun 1961 dan Real Madrid yang juga salah satu klub asal spanyol dengan skor kemenangan 5-3 di tahun selanjutnya.
pojokmilanisti.blogspot.com

KemenanganMilan melawan Benfica merupakan kemenangan pertama Ac Milan di Eropa yang sungguh tidak terduga. Akan tetapi itu bukan pertama kalinya Milan mencicipi aroma final karena di tahun 1958 mereka sempat bermain di laga final melawan Real Madrid tetapi kalah dengan skor 3-2. Melawan Benfica di tahun 1963 menuntaskan ambisi Milan untuk menjuarai Piala Eropa dan menjadi klub pertama asal Italy yang berhasil menjuarai kancah Eropa.
Di bawah ini kita akan mengulas sedikit tentang pertandingan final melawan Benfica. Bermain di depan 45.700 penonton, Benfica tampil kesetanan, baru 18 menit laga berjalan Eusebio yang mendrible bola dari tengah lapang langsung melepaskan tembakan kaki kanan yang mengarah ke pojok kanan gawang kiper Milan Giorgio Ghezzi. Gol 1-0 untuk Benfica.
Milan harus menunggu 40 menit untuk bisa menyamakan kedudukan. Gol ini berhasil disarangkan oleh Altafini dengan kaki kananya yang mengarah ke pojok bawah gawang kipper Benfica. Kedudukan akhirnya menjadi imbang 1-1. Selang 8 menit berjalan lagi-lagi Altafini menjadi momok yang menakutkan bagi penjaga gawang Benfica yang dijaga oleh Costa Pereira. Lolos dari jebakan offside Pereira bisa menepis tembakan yang dilepaskan oleh Altafini, akan tetapi bola rebound yang lansung disambar oleh Altafini tidak dapat di jaga oleh penjaga gawang. Skor 2-1 bertahan sampai laga usai yang membuat Milan menang dan menjuarai Liga Eropanya yang pertama.

pojokmilanisti.blogspot.com

Kekalahan ini adalah tragedi awal yang selalu menimpa Benfica di kancah Eropa. Orang-orang menyebutnya sebagai bagian dari Kutukan Bela Guttman.

Tidak Seratus Tahun Dari Sekarang, Benfica Akan Menjadi Juara Eropa”

Untuk lebih jelasnya tentang Kutukan itu. Kita akan bahas di artikel selanjutnya. Jadi update terus artikel-artikel kami selanjutnya dengan mengklik tombol ikuti yang sudah kami sediakan. Sekian dulu untuk pembahasan artikel tentang kemenangan pertama Ac Milan di Eropa Tahun 1963. Jangan lupa  kritik dan sarannya di kolom komentar agar bisa menjadi masukan kami untuk lebih baik lagi kedepannya. Semoga bisa bermamfaat buat para pembaca dan bisa jadi bahan referensi. See u Next Time Guys,,


Previous
Next Post »
0 Komentar