Jalannya Partai Final UEFA Champion 2003

November 14, 2019

Dalam artikel kali ini admin akan mengajak anda membahas tentang Partai Final UEFA Champion 2003. Dengan kata lain dalam artikel kali ini anda akan diajak kembali ke Tahun 2003 lebih tepatnya pada tanggal 28 mei 2003. Pada hari itu terjadi Partai Final UEFA Champion antara AC Milan Vs Juventus. Pertandingan Final UEFA Champion 2003 itu berlansung di Old Trafford , Inggris yang tidak lain adalah kandang dari Manchester United. Supporter yang hadir pada laga Final tersebut pun sekitar 62.315 orang. Wasit yang memimpin jalannya pertandingan adalah wasit Veteran asal Jerman Markus Merk.
pojokmilanisti.blogspot.com


·         Susunan Pemain
Dalam Partai Final UEFA Champion itu, Ac Milan menggunakan kostum putih-putih bergaris merah dan Juventus menggunakan kostum putih hitam dan celana hitam. kedua klub bermain dengan squad terbaik mereka. Adapun pemain yang diturunkan masing-masing klub dalam laga Final UEFA Champion 2003 adalah sebagai berikut:
AC Milan : Dida, Alessandro Costacurta,  Alessandro Nesta, Paolo Maldini (Captain), Kakha Kaladze, Gennaro Gattuso, Andrea Pirlo, Clarence Seedorf, Rui Costa, Andriy Shevcenko, Filippo Inzhagi.
Cadangan : Christian Abbiati, Martin Laursen, Roque Junior, Massimo Ambrosini, Serginho, Christian Brocchi, Rivaldo.
Pelatih     : Carlo Ancelotti ( Pelatih Asal Italy ).
Juventus :   Gianluigi Buffon, Lilian Thuram, Ciro Ferrara, Igor Tudor, Paolo Montero, Mauro Camoranesi, Alessio Tacchinardi, Edgar Davids, Gianluca Zambrota, David Trezeguet, Alessandro Del Piero (Captain).
Cadangan : Antonio Chimenti, Gianluca Pessoto, Mark Iuliano, Alessandro Birindelli, Antonio Conte, Marco Di Vaio, Marcelo Zalayeta.
Pelatih     : Marcelo Lippi ( Pelatih Asal Italiy ).

·         Jalannya Pertandingan
Pada babak pertama partai final Champion 2003 itu kedua klub bermain saling balas menyerang. Di menit ke-18 wasit mengeluarkan kartu kuning terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh Alessandro Costacurta. Di menit ke -42 bek juventus Igor Tudor ditarik keluar digantikan oleh Alessandro Birindelli. Hingga peluit panjang tanda pertandingan babak pertama usai, skor imbang 0-0 masih bertahan.
Di babak kedua kedua klub tak menurunkan intensitas penyerang mereka. Mereka terus saling berbalas menyerang. Ketika pertandingan baru berjalan satu menit yakni pada  menit ke -46  pelatih juventus Marcello Lippi menarik keluar Mauro Camoranesi digantikan Antonio Conte. Untuk menambah daya penyerangan di menit ke- 65 pelatih juventus menarik keluar Edgar Davids digantikan Marcelo Zalayeta. Untuk menghambat daya serang juventus pelatih ac Milan menggantikan Alessandro Costacurta dengan Roque Junior di menit ke-66. Di menit ke -69 lagi-lagi wasit Markus Merk mengeluarkan kartu kuning kepada gelandang serang juventus Alessio Tacchinardi karena pelanggaranya. Pada menit ke -71 dan -87 pelatih Carlo Ancelotti menarik keluar Andrea Pirlo dan Rui Costa digantikan oleh Serginho dan Massimo Ambrosini. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua skor pun masing imbang 0-0.
Pertandingan dilanjutkan dengan extra time 15 menit x 2 pertandingan. Kedua klub sepertinya tidak kehabisan tenaga untuk terus saling melakukan serangan. Di menit ke-111 Captain juventus Alessandro Del Piero mendapatkan kartu kuning akibat pelanggarannya. Hingga babak extra time selesai skor pun masih bertahan imbang 0-0.
·         Jalannya Adu Pinalti
Skor 0-0 yang bertahan pada final champion 2003 ini memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak adu pinalti. Di babak adu pinalti ini kedua klub menurunkan masing-masing pemainnya yakni  :
Ac Milan         : Serginho, Seedorf, Kaladze, Nesta, Shevchenko
Juventus          : Trezeguet, Birindelli, Zalayeta, Montero, Del Piero
Penendang pertama dilakukan oleh pemain juventus Trezeguet. Tendangan kerasnya  kearah sisi kiri gawang berhasil dijaga oleh Dida penjaga gawang Ac Milan. Serginho yang dipercaya sebagai eksekutor pertama Ac Milan berhasil mengecoh penjaga gawang juventus dan melakukan tendangan ke arah sisi atas kanan gawang yang dijaga oleh Buffon. Birindelli sukses menjebol gawang ac Milan dengan tendangannya yang mengarah kearah sisi kanan gawang. Tendangan Seedorf  ke arah sisi kanan gawang berhasil dijaga Buffon.  Marcelo Zalayeta sebagai ekskutor ketiga Juventus gagal menjebol gawang ac Milan setelah tendangan kerasnya yang mengarah ke sisi kanan gawang berhasil ditepis oleh penjaga gawang Dida. Tendangan Kaladze pun sebagai ekskutor ketiga Ac Milan berhasil dijaga oleh penjaga gawang Juventus Gianlugi Buffon. Sisa dua penendang terakhir juventus tidak bisa memaksimalkan kesempatan yang ada, karena hanya Del Piero yang berhasil menambah gol sedangkan tendangan Montero berhasil ditepis penjaga gawang Dida. Dua eksekutor terakhir Ac Milan berhasil melakukan tugasnya dengan baik sehingga membuat kedudukan menjadi 2-3 untuk kemenangan Ac Milan.
Nah itu dia guys sedikit cerita tentang Partai Final Champion 2003 antara Juventus vs Ac Milan. Semoga artikel ini bermamfaat ya buat anda. Kritik dan saran dari  kami tunggu ya di kolom komentar untuk jadi bahan perbandingan agar admin bisa lebih baik lagi kedepannya. Sumber (wikipedia.org)



Previous
Next Post »
0 Komentar